Kuliah Umum Seri #2 Basic Sciences, Manajemen Pencucian dan Persiapan Kandang di Unsulbar

226
Gambar : Kuliah umum Fapetkan Unsulbar via Zoom

Admin

Fapetkan Unsulbar, Majene. Kuliah umum di Fakultas Peternakan dan Perikanan (Fapetkan) Univesitas Sulawesi Barat (Unsulbar) seri #2 Basic Sciences tentang Pencucian kandang (Desinfection-Biosecurity Program) dan Persiapan kandang (Preparing Period) via Zoom meeting telah dilaksanakan pada hari Sabtu, Tgl 5 Desember 2020 mulai jam 09.00 –  11.30 Wita telah memasuki seri ke 2.

Adapun seri ke 1 telah dilaksanakan pada tanggal 28 Nopember 2020 dibuka oleh ibu Sulmiyati S Pt MP selaku ketua gugus tugas penjaminan mutu Fapetkan mewakili Dekan Fapetkan. Narasumber bapak Ir Roni Fadilah SE dari PT New Hope Indonesia. Perkuliahan umum ini diikuti oleh mahasiswa program studi peternakan, alumni dan peternak mandiri di kabupaten Polewali Mandar dan Majene serta tim Technical Service PT New Hope Indonesia. Penggagas acara ini adalah Ibu Lilis Ambarwati, S Pt MP selalu koodinator dosen Ilmu Ternak Unggas dan Manajemen Ternak Unggas.

Lebih lanjut Lilis Ambarwati mengharapkan para mahasiswa untuk memanfaatkan kuliah umum ini untuk dijadikan bekal untuk menghadapi persaingan yang sangat ketat di era globalisasi ini. Dari tahun ke tahun kita terus berupaya meningkatkan kualitas para alumni prodi peternakan terkhusus bidang perunggasan. Pada tahun tahun sebelumnya, kita terlebih dahulu bekerjasama melakukan kegiatan Kunjungan Ilmiah ke beberapa perusahaan seperti PT Charoen Pokhpand Indonesia Tbk, PT Ciomas, PT Cargill, dan PT Cahaya Mario Brother Group. Dan kali ini kita bekerjasama dengan PT New Hope Indonesia, dengan tangan terbuka memberikan materi perunggasan terbaru dan secara ril terjadi di lapangan. Kegiatan yang direncanakan akan dilaksankan selama 6 seri ini diharapkan berjalan lancer dan tuntas.

Ir Roni Fadilah, S E saat membuka perkuliahan diawali dengan pemberian motivasi tentang Pengembangan Karakter (Soft Skill), kali ini yang dibahas tentang karakter pola kerja yakni 5 AS yang terdiri dari ikhlas, kerja keras, jelas, lekas dan tuntas. Perkuliahan dilanjutkan dengan pembahasan kandang Ideal untuk budidaya ayam dengan beberapa persyaratan yaitu :

  1. Atap kandang harus mampu melindungi ayam dari segala pengaruh cuaca luar.
  2. Sistem pemanas, yaitu kandang yang digunakan mampu mengoptimalkan sustem pemanas yang digunakan oleh Peternak.
  3. Sistem ventilasi, yaitu kandang yang nenjamin selalu ada pergerakan udara di dalam kandang, sehingga suplay udara segar (Oksigen) terhamian dan udara yang kotor kebuang dari dalam kandang.
  4. Sistem lighting, yaitu kandang yang bisa melaksanakan program pencahayaan (Lighting Programs)
  5. Hemat Energi, yaitu kandang  dirancang bisa menghemat energi.
  6. Man Power, yaitu kandang  membuat nyaman selain untuk ayam juga untuk Tenaga Kerja (Man Power)

Roni Fadilah, memaparkan juga  alternatif program pencucian yang ramah lingkungan yaitu dengan menggunakan probiotik, diantaranya menggunakan multi strain Bacillus atau strain bakteri baik lainnya.

Perkuliahan umum ditutup dengan seksi persiapan kandang yaitu pembuatan tempat area brooding, persiapan pemanas (Brooder), tempat pakan, tempat minum, pencahayaan dan lainnya. Pada kesemepatan itu pula, Roni Fadilah merasa senang dengan respon dan antusias dari mahasiswa peternakan. Hal ini disampaikan beliau dalam sesi tanya jawab yang dirasa begitu interaktif dalam setiap sesinya. Para mahasiswa  pun setiap minggunya sudah mulai tampil percaya diri dan berani mengutarakan pendapat dan gagasannya seperti ditanyakan oleh Nasrullah, Muhlan, Nurqholis, Rustang dan Indar Dewi.